7 Januari 2013

Sikap dan Tata Cara Orang Korea Selatan yang patut dicontoh


Annyeonghaseyo yeorobun chagiya.... *bow.. Min kembali lagi nih memosting seputar korea. Hari ini Min lagi pengen posting apa ajah seputar Korea Selatan yang berhasil min temukan di mbah gugel setelah browsing.... sebelumnya min sudah posting seputar lingkungan kerja di Korea nah sekarang min mau posting seputar sikap dan tata cara orang Korea Selatan yang patut kita contoh!!!! Kenapa harus dicontoh?? karena banyak dari sikap mereka yang min bilang sih kesopanan mereka patut diacungi jempol deh, setelah min bandingkan dengan kesopanan di INA ternyata Korea mengagumkan...mau tau seberapa mengagumkannya mereka?? cek ajah postingan min di bawah ini yang min kutip dari situs tempo.co.id!!! Kajja silahkan dicek sendiri!!! Semoga orang INA bisa seperti mereka ne!!! Amin...

>> Sansan Hasjim dalam buku Bujet Pas-pasan, Keliling Korea 60 Hari? Bisa! menuliskan adat orang Korea dalam menjamu tamu sangat baik. Mereka memperlakukan tamu bak orang istimewa. Keperluan tamu dipersiapkan semua, mulai dari ruang tidur hingga perlengkapan mandi. Mereka juga akan menyajikan makanan istimewa. Namun jika tidak memasak sendiri, mereka akan mengajak tamunya makan di luar dan memilihkan makanan yang enak-enak.

>> Lazimnya orang Korea tak memperkenankan tamunya mengerjakan apa pun ketika sedang menumpang, mungkin pengecualian jika keadaan memaksa. Sampai-sampai baju kotor tamunya pun mereka yang mengumpulkan dan memasukkannya ke mesin cuci, dan si tamu terima beres dengan pakaian yang sudah wangi dan terlipat rapi.

>> Jika diajak makan, lihat dulu siapa yang mengajak. Ada tren baru di Korea saat ini, yaitu going dutch alias makan bayar sendiri-sendiri. Ini biasanya dilakukan anak muda di negeri ginseng itu. Jika mereka menawarkan membayar tagihan makan kita, cobalah untuk menawarkan membayar tagihan sendiri terlebih dahulu.

>> Apabila ada makan ronde kedua, saat itu giliran kita yang membayar sebagai ganti tagihan pertama yang mereka bayarkan. Nah, lain ceritanya jika yang mengajak makan adalah orang tua. Kali ini, Anda akan menjadi orang yang ditraktir. Karena umumnya, mereka selalu berinisiatif membayar semua tagihan makan.

>> Di dalam subway tersedia tempat duduk bagi para manula, orang cacat, dan ibu hamil. Tempat duduk itu terpisah dari tempat duduk penumpang lainnya. Walau tempat "spesial" itu kosong, tak ada yang berani mengisinya, kecuali ingin ditatap oleh penumpang lain. Terkadang kalaupun ada orang tua di tempat itu, ia pun tak ingin duduk di situ.

>> Mengantre juga menjadi budaya penduduk Korea Selatan. Budaya mengantre tidak hanya berlaku ketika hendak naik kendaraan, tapi juga ketika menunggu giliran masuk toilet umum. Tidak akan ada orang yang saling serobot seperti yang sering terjadi di Indonesia.

>> Para orang tua Korea adalah penolong yang sangat baik, setelah polisi, ketika ada orang tersesat atau kesusahan. Mereka tidak segan-segan mengantar atau menunjukkan jalan. Mereka memang lebih ramah dibandingkan dengan anak muda.

Gimana yeorobun???? sudah puas???? semoga bermanfaat ne info yang barusan min posting^^... Annyeonghi gaseyo yeorobun... *bow

Credit : tempo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan Jejak Disini Chingudeul!!