24 Maret 2012

Makanan Khas Korea Part 1

Ngomong - ngomong soal Korea pasti gug jauh dari yang namanya Kpop,Kdrama,Kfashion dan Kfood kan chingu??? nah admin juga mau bagi2 info tentang makanan2 Khas Korea Selatan yang udah mendunia banget dan gag asing buat Korean lovers.... betul gag tuh???? ^^

Berikut nama - nama makananya :

1. Kimchi




Siapa yang gag kenal masakan Korea yang satu ini??? makanan yang wajib ada di meja makan keluarga Korea Selatan . Kimchi merupakan jenis makanan fermentasi yang terbuat dari sayuran segar, umumnya dibuat dari sawi putih, bayam, lobak dan sayuran sejenisnya. Karena sudah melewati masa fermentasi, maka kimchi adalah makanan yang tahan lama. Di Korea Selatan setiap keluarga/ ibu rumah tangga mahir membuat kimchi. Biasanya menjelang musim dingin/ salju ibu rumah tangga di Korea sana membikin kimchi untuk disimpan sebagai cadangan makanan ketika melewati musim dingin. Bahkan awetnya bisa sampai satu tahun. Ini merupakan salah satu kearifan lokal di Korea.

Kimchi banyak mengandung gizi seperti vitamin A, B1, B2 dan serat. Citra rasanya cenderung pedas. Cara membuat kimchi sangat mudah, pertama sawi yang masih utuh dicuci bersih, kemudian digarami merata setiap helai daun, kemudian siapkan bumbu yang sudah dihaluskan terdiri dari jahe, cabai, udang rebon, bawang putih, kecap ikan. Setelah itu, sawi yang sudah dilumuri garam, dibaluri lagi denganbumbu alus tadi. Lantas masukkan ke dalam tempayan tutup rapat. Tunggu masa fermentasi sampai lima hari.

2. Bulgogi

 

Bulgogi merupakan makanan khas Korea yang mudah dijumpai di restoran-restoran Korea di Indonesia. Bulgogi merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi, cara mengolahnya di panggang di atas bara api, bumbunya hampir mirip dengan galbi terdiri dari minyak wijen dan kecap saus tiram.

 3. Galbi




Galbi atau Galbi-gui adalah masakan Korea berupa daging iga sapi panggang yang dipotong pendek-pendek. Dalam bahasa Korea, galbi berarti iga (short ribs) atau daging yang ada di sekitar tulang iga. Terkadang, makanan ini juga bisa dibuat dengan memakai iga babi. Galbi bisa dibumbui atau dimasak tanpa bumbu. Bila dibumbui, biasanya daging iga direndam di dalam saus yang terbuat dari sari buah pir asia, arak beras, kecap asin, bawang putih, minyak wijen, dan gula. Saus ini bisa dibuat lebih pedas atau lebih jernih sesuai selera.
Ketika dipanggang, daging iga biasanya diiris sepanjang tulangnya. Hal ini supaya saus tadi bisa meresap ke dalam daging dengan lebih cepat, daging bisa matang lebih cepat, dan daging bisa lebih mudah dikonsumsi dengan sumpit setelah matang. Di Korea dan beberapa negara lainnya, daging iga untuk galbi yang sudah diiris telah tersedia di pasar swalayan dan toko daging.
Kalbi biasanya disajikan di rumah makan yang dikenal dengan nama galbijip (rumah galbi). Pengunjung memanggang sendiri daging galbi di atas pemanggang yang ada di masing-masing meja. Daging ini kemudian dibungkus dengan daun selada, daun perilla, atau daun sayur-sayuran lainnya. Sebelum dimakan, daging yang sudah dibungkus daun dicelupkan lebih dulu di dalam ssamjang, yakni saus yang terbuat dari campuran pasta kacang kedelai dan cabai merah.
4. Mie Ramyen
Ramyeon (라면): mie ramen khas Korea, namun agak berbeda dengan ramen dari Jepang. Ramyeon Korea dapat pula berarti mie instan yang dijual kemasan. Ramyeon dimasak dengan kuah yang sangat pedas dan biasanya ditambah sayuran, daging atau kimchi.

5. Sinseollo


Sinseollo adalah Sup yang berisi rebusan sayur mayur, bakso dan daging dalam satu panci....

6. Gujeolpan


Gujeolpan berarti "Piring yang Terbagi Sembilan", ini terdiri atas beberapa sayuran dan daging yang disajikan dalam lapisan panekuk. Biasa disajikan saat perayaan dan pernikahan.

7. Bibimbap (nasi campur)

Bibimbap adalah menu andalah masyarakat Korea yang terkenal di luar negeri. Menu ini sangat simpel, terdiri dari nasi, sayuran yang ditumis atau direbus dan dicampur dengan saus cabai pedas Korea, Gochujang.


8. Kimchi Bokkeumbap (Nasi Goreng Korea)

김치볶음밥 (Kimchi Bokkeumbap) (nasi goreng kimchi) adalah makanan Korea berupa nasi yang digoreng dengan kimchi. Makanan ini mudah dibuat karena hanya memerlukan nasi, kimchi, sedikit minyak goreng atau minyak wijen. Di Korea Selatan juga terdapat warung-warung yang menjual nasi goreng kimchi.


9. Gimbab

김밥 (Gimbap/Kimbap) (Gim/Kim = Rumput Laut, Bap = Nasi) adalah makanan ringan khas Korea yang sangat digemari dan bergizi. Makanan ini mirip dengan Makisushi Jepang dalam persiapannya tetapi, dengan bahan yang berbeda. Bahan dasar dari Gimbap adalah nasi, daging, sayuran yang diacar atau yang masih segar. Secara tradisional nasi dibumbui dengan garam dan minyak wijen atau minyak perilla.

Isinya pun beragam, mulai dari ikan (dalam bentuk fish cake), daging kepiting, telur atau daging iga sapi yang dibumbui. Sedangkan bahan sayuran adalah ketimun, bayam, wortel dan danmuji. Gimbap dipilih sebagai makanan terfavorit dari 100 jenis masakan Korea oleh orang asing.

10. Patbingsoo

팥빙수 (Patbingsu/Patbingsoo) adalah dessert khas Korea yang sangat digemari, terutama pada hari-hari musim panas yang terik.
Makanan ringan ini pertama kali dikenal sebagai es serut kacang merah manis yang dijual di pedagang kaki lima. Pada zaman dahulu maupun saat sekarang, patbingsu adalah makanan yang sangat digemari, dengan variasi tambahan es krim dan yogurt dingin, susu kental manis, sirup buah-buahan, buah-buahan seperti strawberry, pisang, kue beras tteok, agar-agar kenyal dan remah-remah sereal.


11. .tteok



Tteok adalah penganan atau kue asal Korea yang dibuat dari serealia, terutama beras atau ketan. Bahan dan cara pembuatan berbeda-beda menurut wilayahnya di Korea. Tteok juga dibuat sebagai kue yang rasanya manis dalam berbagai variasi rasa untuk hari-hari perayaan musim, termasuk perayaan tahun baru Korea.

Walaupun dimasak, tteok yang dibuat dari beras tidak menjadi liat sehingga dipakai untuk berbagai masakan tumis dan goreng. Tteok berbentuk batang (silinder) yang dimasak bersama gochujang dan gula pasir disebut tteokbokki. Selain tteokbokki, pojangmacha juga menjual tteok yang digoreng bersama sayuran. Tteok juga dimasukkan ke dalam berbagai masakan seperti dak galbi (galbi daging ayam). Tteokguk adalah makanan tahun baru Korea berupa tteok yang dimasak menjadi sup bersama daging sapi atau daging ayam. Bumbu sup adalah kecap asin, garam dapur, dan bawang putih.

Tteok yang dimakan sebagai kue dibuat dari ketan dengan madu atau gula sebagai pemanis. Sebagai perisa ditambahkan antara lain sejenis labu parang, kacang hijau, kacang azuki, atau wijen.

Berdasarkan cara pembuatannya, tteok terdiri dari tteok yang dikukus, ditumbuk, direbus, atau ditumis. Tteok tradisional dibuat dengan cara dikukus dan disebut sirutteok (시루떡). Alat pengukus yang disebut siru (시루) dibuat dari tembikar.
12. Juk

Juk merupakan bubur khas Korea yang terbuat dari beras, kacang kedelai, wijen, dan kacang tanah yang direbus. Bahan campuran lain untuk Juk ini adalah ayam, kacang pinsu, sayuran, ginseng dan ikan, dan abalon.
Bubur juk juga dimasak dengan kacang merah yang dipercaya dapat mengusir arwah jahat karena para setan dipercaya tidak menyukai warna merah. Bubur Juk sangat nikmat apabila disantap selagi masih hangat dan cocok dimakan sebagai menu sarapan di pagi hari. Kandungan yang terdapat di dalam bubur ini dipercaya dapat mengobati sakit yang berhubungan dengan pencernaan . Bubur ini bisa dimakan sebagai ganti nasi bersama lauk lain. Paling banyak dimasak oleh warga korea pada saat negara mereka sudah memasuki hari Dongji atau hari dimana negara korea ini mencapai titik balik pada musim dingin).
13. Macam - Macam Mie Korea 

Mi dalam masakan Korea terbuat dari beragam jenis bahan, antara lain :

a) Dangmyeon (당면; sohun) – terbuat dari pati ubi atau kentang.

b) Memil guksu (메밀국수) – mi yang terbuat dari buckwheat, disebut juga soba Korea.

c) Olchaengi guksu (올챙이국수) – mi yang terbuat dari tepung jagung yang dikeringkan, merupakan mie khas dari wilayah dataran tinggi di provinsi Gangwon.
d) Gamja guksu (감자국수) – mi yang terbuat dari campuran pati kentang, tepung beras dan tepung ketan.
e) Gamjanongma guksu (감자농마국수) – mi khas provinsi Hwanghae yang terbuat dari pati kentang dan teksturnya kenyal.
f) Somyeon – mi yang terbuat dari gandum yang berukuran tipis.
g) Dotori guksu – mi yang terbuat dari tepung acorn.
h) Chilk guksu (칡국수) – mi yang terbuat dari pati kudzu dan tepung buckwheat
i) Ssuk kalguksu (쑥칼국수) – mi yang terbuat dari gandum dan Artemisia princeps.
k) Hobak guksu (호박국수) – mi yang terbuat dari campuran gandum dan labu.
l) Kkolttu guksu (꼴뚜국수) – mi yang terbuat dari campuran buckwheat dan tepung gandum.

m) Cheonsachae – mi bening yang terbuat dari ekstrak jelly setelah merebus kombu dan dicampur dengan bahan tepung beras dan sari pati.

Ada beberapa variasi masakan Mi Korea, diantaranya :

1. Banchan
Japchae – terbuat dari dangmyeon (sohun) dan ditumis dengan bahan sayur-sayuran dan daging sapi.

2. Masakan mi asal China
Jajangmyeon – mie tebal yang disajikan dengan saus kedelai hitam.


3. Jjamppong (짬뽕) – bakmi berkuah pedas3.

a) Mi kuah panas
Janchi guksu – mi yang disajikan dengan kaldu ikan, tulang sapi atau kombu. Janchi guksu bermakna bakmi pesta karena masakan ini seringkali dihidangkan pada saat acara pesta seperti ulang tahun, perkawinan, atau hwangab (ulang tahun ke-60). Topping janchi guksu adalah irisan telur goreng, gim (rumput laut kering) dan zucchini.Kalguksu – bakmi yang disajikan dengan kaldu ikan dan sayur-sayuran Gomguksu (곰국수) – bakmi dengan kaldu tulang.

b) Mi dingin
Bibim guksu – mi gandum yang disajikan dengan kuah saus gochujang dan cuka, dengan topping telur rebus, ketimun dan kimchi.Makguksu – mi dari buckwheat yang merupakan masakan khas provinsi Gangwon.Naengmyeon – mi tipis dari buckwheat yang disajikan dengan kuah kaldu sapi dingin dengan sayur-sayuran, telur dan daging sapi. Merupakan masakan khas Korea Utara.Bibim naengmyeon - “bakmi dingin campur” merupakan naengmyeon tanpa kuah yang disajikan dengan saus gochujang.Jjolmyeon (쫄면) – serupa dengan bibim naengmyeon namun tekstur mi lebih kenyal.Milmyeon (밀면) – bakmi dingin khas Busan, serupa dengan naengmyeon.Kongguksu – bakmi kuah susu kedelai dingin.Jatguksu (잣국수) – mi buckwheat khas kota Gapyeong, Gyeonggi, yang disajikan dengan kaldu yang dibuat dari kacang cemara.
Dongchimi guksu (동치미국수) – mi gandum atau buckwheat yang dimakan dengan kuah dingin dongchimi.

4. Mi instan
Ramyeon – ramen khas Korea.
Shin ramyun – merek ramyeon instan yang terkenal di Korea Selatan. *waaah aku udah cobain mie ramyen ini lho.... Shin ramyun udah tersedia di supernarket2 Indonesia Chingu.....*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Disini Chingudeul!!